Jenis-Jenis Penyakit Kulit dan Gatal

By | 16th May 2015

Tipssehatonline.web.id Menjaga kesehatan kulit memang hal yang wajib dilakukan agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit kulit dan gatal yang dapat sewaktu-waktu menyerang kita. Penyakit kulit merupakan penyakit yang cukup mengganggu, selain dapat mengganggu aktivitas, penyakit kulit juga dapat mempengaruhi faktor estetika atau kecantikan yang akan membuat kepercayaan diri anda menurun. Tidak perlu panjang lebar lagi, simak terus artikel dibawah ini untuk mengetahui penyakit apa saja yang dapat menyerang kulit kita.

Macam-Macam Penyakit Kulit dan Penyebabnya

penyakit kulit2

  • Kanker Kulit
    Kanker kulit adalah suatu kondisi dimana terdapat sel kanker yang tidak terkontrol didalam jaringan kulit. Penyakit kanker kulit ini merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita di dunia. Seperti hal nya jenis kanker lainnya, kanker kulit dapat menyebar ke jaringan tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, tulang, jaringan lunak, dan lain sebagainya.
  • Lupus
    Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh terganggunya sisitem kekebalan tubuh akibat adanya virus/bakteri. Penyakit lupus dapat membahayakan tubuh seseorang karena dapat menyerang sel tubuh yang sehat serta merusak kulit serta dapat mengganggu organ ginjal, sistem saraf dan jaringan darah.
  • Campak
    Penyakit campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular, disebabkan oleh infeksi virus yang berkembang melalui sel di dalam tenggorokan paru-paru. Penyebaran penyakit campak ini melalui batuk dan bersin yang berasal dari penderita campak. Penyakit campak ini dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi, seperti infeksi telinga, pneumonia bahkan pembengkakan pada otak.
  • Jerawat
    Penyakit yang sering banyak diderita oleh kalangan muda atau bahkan tua ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh terhalangnya pori-pori pada tubuh oleh minyak, kulit mati dan bakteri. Biasanya jerawat muncul disebabkan karena kulit terlalu banyak menghasilkan kelenjar minyak kulit, sel kulit yang menumpuk di pori-pori dan bakteri yang telah berkembang di pori-pori.
  • Hemangioma
    Hemangioma adalah penyakit yang terjadi karena pertumbuhan daging/kulit yang disebabkan oleh jaringan darah yang abnormal. Penderita hemangioma biasanya disebabkan bawaan dari lahir.
  • Herpes
    Herpes atau penyakit kulit melepuh yang biasanya berbentuk bulat berisi cairan yang tumbuh disekitar mulut dan wajah. Disebabkan oleh infeksi virus herpes dan merupakan penyakit yang mudah menular.
  • Psoriasis
    Kulit bersisik (psoriasis) merupakan kondisi kulit dimana muncul bercak merah yang terkadang disertai sisik pada kulit. Biasanya muncul pada kulit kepala, punggung bawah, telapak tangan dan telapak kaki. Disebabkan oleh stress, trauma, dan kekurangan kalsium.
  • Eksim
    Penyakit eksim dapat menyerang siapa saja termasuk pada bayi, biasanya penderita mengalami kulit memerah, pecah-pecah, muncul gelembung kecil yang mengandung air dan nanah yang disertai gatal yang berlebihan. Eksim ini dibagi menjadi dua yaitu eksim kering dan basah. Penyebab yang paling umum yakni disebabkan oleh alergi seperti alergi terhadap detergen, sabun, kosmetik, obat-obatan, makanan, MSG, dll.
  • Vitiligo
    Vitiligo adalah kondisi dimana kulit kehilangan pigmennya (zat warna pada kulit). Pigmen tersebut mempunyai tanggung jawab terhadap warna kulit. Penyakit kulit ini dapat menyebabkan kulit berwarna bercak-bercak putih. Penyakit ini tidak menular dan tidak menyebabkan rasa sakit namun tidak dapat disembuhkan.
  • Bisul
    Bisul merupakan sejenis infeksi kulit yang berupa benjoaln, tampak memerah dan membesar. Di dalam nya berisi nanah, terasa panas dan berdenyut. Bisul dapat mengganggu aktivitas apalagi jika terdapat pada sela bokong maka penderita akan kesulitan untuk duduk, bila berada di kepala bisul akan menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Penyebabnya yakni infeksi bakteri stafilokokus yang muncul akibat kurang kebersihan, luka yang terinfeksi, diabetes dan bahan kimia tertentu.
  • Kudis
    Penyakit kudis biasanya disebabkan oleh parasit tungau yang gatal. Gejala yang muncul yakni gatal yang berlebihan terutama meningkat pada malam hari. Penyakit kudis ini merupakan penyakit yang mudah menular. Penularanya melalui handuk, pakaian ataupun kontak langsung dengan penderita.
  • Kurap
    Kurap terjadi akibat adanya jamur dalam jaringan kulit. Kulit akan terasa tebal dan muncul lingkaran-lingkaran yang bersisik, lembab, berair yang disertai dengan gatalyang hebat. Penyebab kurap terjadi yakni kurang menjaga kebersihan kulit.
  • Cacar Air
    Konon katanya setiap orang akan mengalami cacar air selama 1x dalam hidup nya. Penyakit ini sering menyerang anak-anak dibangku sekolah. Gejalanya bintik-bintik merah berair dan dapat dengan cepat menyebar.
  • Panu
    Kulit yang terkena panu akan terasa sangat gatal dan berwarna keputihan, penyebab dari penyakit ini yaitu jamur dan dapat cepat menyebar ke seluruh tubuh jika dibiarkan terus menerus.

Macam-Macam Penyakit Kulit diatas merupakan penyakit yang umum terjadi, sebenarnya masih banyak jenis penyakit kulit namun tidak dapat kami sampaikan satu-satu. Agar dapat terhindar dari penyakit kulit diatas sebaiknya yang perlu anda lakukan adalah dengan menjaga kesehatan kulit dengan mandi rutin setiap harinya juga hindari berbagai macam penyebab alergi yang dapat membuat kulit anda gatal. SEMOGA BERMANFAAT

Jenis-Jenis Penyakit Kulit dan Gatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *